Minggu, 20 Mei 2018

BELAJAR KEARIFAN DARI RASULULLAH SAW

BELAJAR KEARIFAN DARI RASULULLAH SAW

Suatu ketika Nabi SAW pernah bertanya kepada sahabatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khatab prihal mengerjakan shalat witir (shalat sunat yang bilangan rakaatnya ganjil yang waktunya sejak selesai shalat isya sampai masuk waktu subuh). Kata beliau kepada Abu Bakar, kapan engkau biasanya mengerjakan shalat witir. Abu Bakar menjawab ,"pada awal malam, selesai shalat isya. Bagaimana dengan mu wahai Umar, tanya beliau kepada sahabatnya yang lain, Umar bin Khatab. Umar menjawab, "saya shalat witir pada penghujung malam". Atas jawaban kedua sahabatnya ini, Nabi kemudian berkomentar, "Engkau Abu Bakar adalah orang yang sangat hati-hati. Sedangkan engkau Umar adalah orang yang kuat atau teguh hati".


Adapun Nabi SAW sendiri shalat sunat witir di penghujung atau pada akhir malam. Karena, pada saat itulah waktu shalat sunat witir yang terbaik menurut beliau. 

Kisah di atas memperlihatkan kepada kita betapa Rasulullah sangat bijaksana menghadapi perbedaan yang terjadi pada dua sahabatnya. Meski hanya Umar yang sama dengannya, keduanya tetap diberi apresiasi yang sama tingginya oleh beliau.

Pascasarjana IAIN BKT
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
Kamis, 22-02-2018


EmoticonEmoticon