Minggu, 20 Mei 2018

CATATAN KECIL DARI PERTANDINGAN SEPAK BOLA INDONESIA vs ISLANDIA

CATATAN KECIL DARI PERTANDINGAN SEPAK BOLA INDONESIA vs ISLANDIA

Pertandingan Sepak Bola antara Indonesia dan Islandia yang dihelat hari Minggu tanggal 14 Januari 2018 di GBK Jakarta kemaren sebenarnya biasa-biasa saja. Indonesia kalah 1-4 juga juga sudah dapat diprediksi sebelumnya. Maklum yang dihadapi adalah klub kuat yang berasal dari dataran Eropa bagian Utara dan kontestan piala dunia 2018. Namun, antusiasme masyarakat bangsa Indonesianya sungguh luar biasa. Tak tanggung-tanggung presiden, wakil presiden, dan sejumlah menteri kabinet kerja juga ikut hadir bersama kurang lebih 70.000 penonton lainnya.


Sangat beralasan bila seluruh pemain tamu merasa senang bermain di Indonesia. Seperti wawancara salah satu wartawan televisi dengan pelatih Islandia yang tampan, Heimir Hallgrimson, " there is a fantastic atmosphere, katanya. Mereka sangat berterima kasih kepada federasi (PSSI) yang sudah menyediakan fasilitas bagi mereka. Juga kepada masyarakat Indonesia yang membuat pertandingan menjadi kian menarik. Kedua team berhasil memperlihatkan permainan terbaik mereka. Hallgrimson juga tak lupa memuji, " Orang Indonesia mungkin orang yang paling bahagia di dunia karena mereka begitu mudah tersenyum, itu hal sangat bagus", katanya.

Kalau disimak ucapan pelatih Islandia terebut dapat dipahami bahwa sebenarnya sepak bola kita punya modal untuk maju yakni modal sosial. Masyarakat kita umumnya "gila" bola. Pertandingan persahabatan atau friendly game saja ditonton langsung oleh kurang lebih 70.000 penonton. Tinggal lagi bagaimana menyiapkan sebuah team yang hebat guna mengisi iklim sepakbola yang sudah sangat baik ini. Seperti yang juga disingguh oleh Hallgrimson, bahwa sebenarnya Indonesia memiliki pemain-pemain bertalenta besar dan mempunyai suporter yang luar biasa. Dari segi indifidu, dan drible begitu juga fisik dan taktik yang dimainkan sudah sangat baik. Namun, permainan Indonesia pada babak kedua tidak sebaik babak pertama. Bersamaan dengan itu, permainan kami jauh meningkat, katanya.

Selain modal sosial, kita sebenarnya juga punya modal lain seperti demografi. Penduduk indonesia sekarang sudah mencapai 250juta jiwa. Bandingkan dengan Islandia hanya memiliki penduduk kurang lebih 330.000jiwa. Untuk mencari talenta hebat dari jumlah penduduk yang sangat besar tersebut, seharusnya tidak sulit. Hal ini pun telah dilakukan Indra Syafri beberapa tahun terakhir. Mungkin hanya tinggal menunggu waktu saja, sepak bola kita bisa berjaya.

Bersamaan denfan itu, kita juga mesti berdoa, Semoga saja cita- cita masyarakat Indonesia untuk bisa ambil bagian dalam ajang piala dunia suatu saat dapat terwujud.
Amien.
Cingkariang Banuhampu
IIIIIIIIIIIIIIIIIIÌIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
16 Januari 2018


EmoticonEmoticon