Minggu, 20 Mei 2018

ORANG INDONESIA ITU PALING BAHAGIA DI DUNIA

ORANG INDONESIA ITU PALING BAHAGIA DI DUNIA

Orang Indonesia itu adalah orang yang paling bahagia di dunia. Demikian penilaian banyak orang, baik yang pernah ke Indonesia, begitu juga yang belum. Kemaren pelatih sepak bola Islandia selesai pertandingan persahabatan antara Indonesia dengan Islandia mengatakannya demikian. Alasannya, karena orang indonesia mudah senyum. Tahun 2010 yang lalu, saya dengan teman2 ketua STAIN se Indonesia, pernah berkunjung ke Perth Australia, dalam satu sesi jalan2, seorang bapak2 bule, menyapa kami dengan begitu semringah dan berkata, are you from indonesia? Salah seorang teman saya menjawab, "yes, how do you know me, by our face? O no, Indonesia peopel litle and happy, katanya.


Bagi saya ini adalah sesuatu yang sangat paradog. Betapa bangsa kita yang masih belum bisa keluar dari himpitan kemiskinan, tapi tetap dipandang sebagai bangsa yang paling bahagia. Paling tidak, demikian penilaian banyak orang. Tampaknya kebahagiaan tersebut tak begitu signifikan hubungannya dengan kaya atau miskinnya seseorang. Kebahagiaan lebih berhubungan dengan jiwa atau hati. Benar firman Allah, bahwa keimananlah yang membuat orang bisa bahagia. Dalam al-Quran Surah ar-Ra'du:8. Allah berfirman, Orang-Orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ketahuilah bahwa dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Jadi, tampaknya iman atau agamalah sebenarnya yang membuat orang bahagia. Indonesia, yang mayoritas penduduknya muslim diakui oleh dunia sebagai masyarakat yang baik dalam agamanya, bahkan tergolong masyarakat yang sangat taat dalam menjalankan agamanya. Orang Islandia sendiri, lebih dari 50% tak percaya tuhan. Sedangkan Australia dikenal sebagai negara sekuler. Lebih kurang 30 % penduduknya tidak beragama. Dengan demikian, jika dibandingkan dengan Islandia dan Australia, Dalam soal agama atau keyakinan Indonesia jauh lebih baik dari keduanya.

Pascasarjana IAIN BKT
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
17 Januari 2018


EmoticonEmoticon