Minggu, 20 Mei 2018

HIDUP BERBAGI

HIDUP BERBAGI

Salah satu ajaran pokok atau dasar dalam Islam adalah memberikan sebagian rizki yang diberikan Allah kepada orang lain. Jauh sebelum ada perintah puasa, haji, bahkan zakat, perintah untuk berbagi itu sudah ada. Begitu pentingnya hidup berbagi tersebut, Allah SWT menyandingkannya dengan iman dan shalat. Seperti dalam firmanNya, Q.S. al-Baqarah:3. dalam menjelaskan tanda-tanda orang yang bertaqwa. ," yaitu mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezki yang kami berikan kepada mereka.


Berbagi adalah ajaran Islam yang mula-mula disyariatkan. Ajaran tentang berbagi ini merupakan pelestarian dari karakter masyarakat Arab Jahiliah yang positif yakni kedermawanan. Hanya saja, bila sebelum Islam kedermawanan tersebut didasarkan atas kemegahan dan kesombongan, pada masa Islam didasarkan atas iman dan kasih sayang.

Begitu pentingnya hidup berbagi, hidup berbagi tak pandang miskin dan kaya atau kehidupan lapang dan sempit. Setiap orang mesti mau berbagi. Orang kaya sesuai dengan kayanya dan orang miskin sesuai pula dengan miskinnya. Sebagaimana Firman Allah dalam surat Ali Imran: 134 Allah menjelaskan bahwa orang yang bertaqwa itu adalah, " orang-orang yang berinfak baik dalam keadaan lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.

Ajaran Islam tentang hidup berbagi yang kehilatannya sangat sederhana ini, ternyata memberi pengaruh yang sangat besar terhadap tatanan kehidupan bangsa Arab pada masa dahulu. Kehidupan masyarakat Arab yang cenderung keras, berubah menjadi lembut dan penuh kasih sayang.
Pascasarjana IAIN BKT
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
09.02.2018


EmoticonEmoticon