Minggu, 20 Mei 2018

"SEKOLAH" RAMDHAN

"SEKOLAH" RAMDHAN

Ibarat sekolah, Ramadhan mengajarkan banyak hal bagi orang yang mengikutinya, antara lain. 

Pertama: Ramadhan mengajarkan kepada kita tentang arti hidup. Ungkapan banyak orang bahwa hidup adalah pengabdian saya kira benar. Baik pengabdian kepada Allah begitu pun pengabdian kepada sesama manusia. Dalam bahasa lainnya Hablum minallah dan Hablum minannas. Puasa yang kita kerjakan di siang hari dan qiyamullail pada malam hari adalah pelajaran tentang hablumminallah Ramadhan. Sementara Ikut merasakan bagaimana rasanya tidak makan dan minum pada siang hari dan dorongan Nabi SAW agar banyak2 berinfaq di bulan Ramadhan merupakan pelajaran bagi hablumminannas.

Kedua. Ramdhan mengajarkan tentang kedermawanan. Kedermawanan sebenarnya adalah fitrah kemanusiaan kita. Allah yang maha memberi mewariskan sifat suka memberinya kepada ciptaannya termasuk manusia. Matahari memberikan cahayanya bagi kehidupan manusia. Laut memberikan kandungannya kepada manusia, berupa ikan dan segala kekayaan yang ada di dalamnya. Manusia harus siap pula untuk memberikan sebagian yang dia punya dalam keadaan apapun, fi al-sarraa' wa al-dharra. Perintah Nabi untuk banyak 2 bersedekah seperti yg ditulis di atas, merupakan bukti betapa Ramadhan mengajarkan kita tentang kedermawanan.

Ketiga, Ramadhan mengajarkan kepada kita tentang kejujuran dan integritas. Saat puasa, meskipun seseorang berada sendirian di rumah dan makanan pun tersedia, tapi Ramadhan membatasi kita untuk tidak memakannya. Karena, hal itu akan membatalkan puasa yang sedang dilakukan. Selain itu, juga ada hadis nabi yang mengatakan bahwa perkataan bohong akan merusak nilai puasa.

Keempat. Pelajaran lain dari sekolah Ramadhan adalah tentang pengendalian diri. Pengendalian diri yang dimaksudkan adalah tidak mudah marah dan mudah memaafkan. Dalam istilah alQuran disebutkan wal kazhimiina al-ghaiza wal 'aafi na 'aninnas. Ramadhan mengajarkan jika ada yang mengajak bertengkar atau juga berkelahi, hendaklah dilawan, eh dihindari. Katakan kepada mereka "ana shaimun". Pelajaran pengendalian diri itu, juga bisa diambil dari menahan diri untuk tidak berbuka sebelum waktunya.

Masih banyak lagi sebenarnya. Namun, sekedar contoh dicukupkan demikian.
Tks
Wassalam
Malam keempat Ramadhan 1439 H


EmoticonEmoticon